Jantung

Organ Utama

image

Jantung adalah organ utama dalam sistem peredaran darah. Jantung terletak di dalam rongga dada, di antara paru-paru dan dilindungi oleh tulang-tulang dada dan rusuk.
Otot tak sadar
Jantung adalah otot tak sadar. Jantung juga adalah otot yang kuat dan istimewa. Jantung ber-ukuran sebesar kepalan tangan orang dengan berat rata-rata 10-11 ons. Jantung dibagi atas empat se-rambi, dua serambi kiri dan dua serambi kanan. Salah satu dari masing-masing serambi memompa darah ke dalam jantung dan salah satu dari masing-masing serambi memompa darah ke luar melalui pembuluh-pembuluh arteri.

Tugas
Tugas jantung adalah memompa cukup banyak darah dengan tekanan cukup tinggi sehingga darah dapat mengalir secara teratur ke seluruh bagian tubuh. Jantung sisi kanan memompa darah ke dalam paru-paru, di mana darah melepaskan karbon dioksida dan mengambil oksigen. Darah kembali ke sisi kiri jantung kemudian dipompa ke seluruh bagian tubuh. Darah membawa makanan, oksigen, dan hormon ke seluruh tubuh ke dalam sel-sel, dan membawa kembali sisa-sisa sampah tubuh ke tempat-tempat seperti hati, paru-paru dan ginjal.
Fakta-fakta menarik
Beberapa fakta menarik tentang jantung adalah:
1.     Jantung memompa sekitar 1250 galon darah dalam sehari.
2.     Dalam setiap denyutan, jantung menggunakan sebanyak delapan pon tekanan dalam sistem peredaran darah. Dalam satu jam jantung menggunakan tekanan sebanyak 30.000 pon.
3.     Jumlah total waktu jantung berdenyut (bekerja) dalam sehari adalah selama sembilan jam dan jumlah total waktu  beristirahat adalah  15 jam.

          “Hari demi hari, jantung berdenyut, melakukan tugas yang telah ditentukan baginya, tanpa henti menekan aliran darah ke seluruh bagian tubuh.” Life Sketches, hlm. 87.
“Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. Amsal 4:23.

Keuntungan Gerak Badan
Karena jantung adalah sebuah otot, ia harus dijaga dalam keadaannya yang baik melalui gerak badan, kalau bisa, setiap hari. Gerak badan yang meng-untungkan jantung disebut dengan latihan ‘cardio-pulmonary’ (cardio=jantung, pulmonary=paru-paru). Untuk mendapatkan keuntungan penuh dari latihan cardiopulmonary, kita perlu bergerak badan secara terus menerus selama 20 menit setiap hari. Keun-tungan bagi jantung dengan melakukan gerak badan ini setiap hari adalah:
1)   meningkatkan volume setiap denyutan, yaitu jumlah darah yang dipompa dalam setiap denyutan jantung.
2)   Mengurangi jumlah denyutan, dengan demikian memberi jantung waktu istirahat lebih banyak antara dua denyutan.

Makanan
Ada juga faktor penting lainnya untuk memperoleh dan menjaga jantung tetap sehat. MAKANAN! Jantung adalah sebuah otot yang memompakan sel-sel darah ke seluruh tubuh. Aliran darah digunakan sebagai jaringan transportasi, yang membawa apa-pun yang masuk ke dalam sistem ke seluruh tubuh. Jikalau pembuluh arteri menjadi tersumbat, karena makanan yang tidak benar, jantung harus memompa lebih keras untuk menjaga aliran darah tetap lancar. Maka, apa yang dimakan memberi akibat langsung kepada jantung. Tiga hal yang sangat berpengaruh kepada kesehatan jantung yang sepenuhnya diatur oleh makanan adalah:
1)   kolesterol
2)   lemak dalam darah yang dikenal dengan nama  trigliserida
3)   yang terpenting dari ketiganya, lemak-lemak jenuh yang berbahaya.

Kolesterol
Kolesterol adalah substansi lemak yang padat seperti semen basah dalam aliran darah. Kolesterol tinggal dalam alur-alur pembuluh arteri dan perlahan-lahan terkumpul dan menyebabkan pembuluh arteri menge-ras. Tubuh membuat kolesterol yang berguna bagi sistem. Tetapi low density lipoprotein cholesterol (LDL-C) adalah berbahaya dan menyebabkan se-rangan jantung. Kolesterol berbahaya ini hanya ber-asal dari produk-produk hewani. Semua makanan yang tidak mengandung produk hewani tidak mengandung kolesterol.

Lemak Jenuh
Jumlah lemak dalam darah (trigliserida) adalah faktor penting lainnya dalam menjaga jantung agar sehat. Trigliserida cenderung menyebabkan butiran-butiran dan sel-sel darah merah menjadi lengket dan meng-gumpal bersama sehingga menurunkan aliran oksi-gen. Lemak jenuh adalah lemak-lemak yang mening-katkan kadar kolesterol dalam darah, dan menyebab-kan tubuh menyimpan lebih banyak kolesterol jika makanan kita mengandung produk-produk hewani. Oleh karena itu lemak-lemak jenuh adalah sangat berbahaya. Jikalau sistem hanya mengandung koles-terol yang dihasilkan tubuh, tanpa kehadiran koleste-rol hewani, masukan lemak jenuh tidak akan menjadi masalah, karena tidak menyebabkan pengerasan pembuluh arteri.

Daging dan Kolesterol
Ketika daging masuk ke dalam sistem tubuh, ia menyebabkan beberapa reaksi kolesterol. Kolesterol yang dikandungnya masuk ke dalam sistem dan karena daging adalah penuh dengan lemak jenuh, maka ia menyebabkan tubuh menyimpan lebih ba-nyak kolesterol. Ini terjadi karena kurangnya serat dalam daging yang menyebabkan penumpukan asam empedu dalam lambung. Asam-asam empedu ini harus segera dibuang, jika tidak, asam-asam itu akan didaur ulang dan memicu tingkat kolesterol darah menjadi semakin tinggi.

Faktor-faktor lain
Ada dua faktor yang sangat umum yang juga menaikkan kadar trigliserida dalam aliran darah. Gula olahan (refined sugar) dalam makanan akan sangat menaikkan kadar trigliserida dalam darah. Faktor yang lain adalah makan di antara jam makan (ngemil) yang menyebabkan banjir trigliserida dalam aliran darah. Tidak mengherankan jika kita dinasehati, “Jangan pernah ada sebutir makananpun melewati bibir di antara jam-jam makan.” Counsels on Health, hlm. 118.
“Yang sangat berbahaya adalah custard dan puding yang bahan pokoknya adalah susu, telur dan gula.” Ministry of Healing, hlm. 302. Mengapa? Susu dan krim mengandung lemak jenuh dengan kadar tinggi yang menaikkan kadar kolesterol dalam darah. Kedua, gula menaikkan trigliserida, yaitu lemak dalam darah, ke tingkat yang lebih tinggi. Terakhir, kolesterol hewani terkonsentrasi sangat tinggi dalam telur. Sebutir telur yang besar mengandung 250 miligram kolesterol, ditambah sejumlah besar lemak jenuh. Ketika ketiganya terdapat bersama-sama, maka kolesterol dalam darah meningkat semakin cepat daripada oleh salah satu darinya.
Jelaslah, kita melihat umat TUHAN harus kembali kepada makanan yang mula-mula yang terdiri atas buah-buahan, biji-bijian, dan sayur-sayuran (Kejadian 1:29; 3:18) karena makanan tersebut memelihara jantung agar tetap sehat.

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s