Otak

Sistem yang paling rumit

image

istem saraf adalah sistem dalam tubuh yang paling rumit. Persepsi indera, persepsi rasa sakit dan nikmat, pengaturan gerakan tubuh, dan pengaturan fungsi-fungsi tubuh seluruhnya bergantung kepada sistem saraf. Sistem saraf sangat vital bagi perkembangan bahasa, perasaan dan ingatan.
Otak, saraf tulang belakang, saraf
Otak, saraf tulang belakang dan saraf seluruhnya adalah bagian dari sistem saraf. Sistem saraf dapat dibagi menjadi dua bagian: sistem saraf pusat dan sistem saraf keliling (periferal). Otak adalah organ tubuh yang paling rumit, dan bersama-sama dengan saraf tulang belakang mengatur sepenuhnya seluruh  jaringan saraf di dalam tubuh. Otak dan saraf tulang belakang sering disebut sistem saraf pusat karena berfungsi sebagai pengatur. Sistem saraf keliling adalah saraf-saraf di seluruh tubuh yang menghimpun informasi dan kemudian mengirimkannya ke sistem pusat. Sistem saraf keliling kemudian mengirimkan sinyal yang diterima dari otak dan saraf tulang belakang ke tubuh.

Sel-sel saraf atau neuron
Sel-sel saraf, yang disebut neuron, menjadi bagian dari sistem saraf yang melakukan tugas. Fungsi neuron-neuron tersebut adalah untuk mengirimkan sinyal-sinyal dari salah satu bagian tubuh ke bagian yang lain. Ada tiga jenis neuron berdasarkan fungsinya.
1)       neuron pengindera, yang menyampaikan informa-si dari organ-organ pengindera kepada sistem saraf pusat;
2)       neuron integratif, yang mengolah informasi yang diterima oleh bagian-bagian tubuh;
3)       neuron motor, yang memulai tindakan sadar dan tak sadar.
Neuron ada dalam berbagai ukuran dan bentuk, bergantung kepada fungsi masing-masing. Neuron-neuron dalam otak sangat kecil, sementara sel-sel neuron dari saraf tulang belakang bagian bawah hingga ujung jari kaki dapat berukuran sepanjang 4 kaki. Seluruh neuron memiliki struktur dasar yang sama. Sebagai sebuah sel, neuron memiliki inti (nukleus) berupa bagian yang bulat dalam sel yang disebut tubuh sel. Sejumlah serat seperti akar yang halus, yang disebut dendrit, muncul dari tubuh sel.
Bagaimana rangsangan saraf disampaikan
Ada sebuah serat tunggal dan panjang yang muncul dari tubuh sel yang disebut axon. Axon adalah serat pelaksana utama dalam sebuah saraf. Ujung terjauh dari axon bercabang-cabang. Masing-masing cabang berakhir pada sebuah tombol atau kenop kecil, tom-bol-tombol ini berjarak sangat dekat dengan tombol dari neuron lainnya meskipun tidak saling bersentuh-an. Celah antara kedua tombol ini disebut dengan synapse. Pesan-pesan disampaikan melewati celah ini melalui zat kimia yang disebut zat-zat pengirim pada saraf.
Dendrit, yaitu serat-serat pendek, menerima pesan listrik dan mengirimkannya ke tubuh sel. Tubuh sel kemudian mengirimkan pesan kepada axon, dan arus listrik melompati celah menuju dendrit pada neu-ron di sebelahnya, atau ke otot atau kelenjar ke mana pesan dikirimkan atau perintah khusus dilakukan.
Beberapa neuron dilapisi oleh lapisan berbahan lemak tipis yang disebut myelin. Myelin terbentuk dari sel-sel khusus yang mengelilingi neuron. Neuron-neu-ron yang dilapisi myelin mengirimkan pesan-pesan lebih cepat dibandingkan dengan neuron tanpa lapis-an myelin. Neuron berpelapis ini mampu mengirimkan satu rangsangan dengan kecepatan 450 kaki (sekitar 150 meter) per detik. Neuron-neuron tanpa lapisan myelin hanya mampu mengirim rangsangan dengan kecepatan 3 kaki (satu meter) per detik.

Lokasi saraf tulang belakang
Saraf tulang belakang memanjang dari dasar otak ke bawah sampai dua pertiga kolom tulang belakang. Banyak saraf berasal dari saraf tulang belakang. Di dasar saraf, serat-serat saraf terus menurun mengi-kuti kolom tulang belakang. Meninges, yaitu selaput pelindung, melapisi saraf tulang belakang dan otak.

Fungsi saraf tulang belakang
Saraf tulang belakang memiliki dua fungsi utama. Fungsi pertama adalah bertindak sebagai sistem komunikasi dua arah antara otak dan sistem saraf keliling. Fungsi kedua saraf tulang belakang adalah untuk mengatur tindakan refleks simpleks. Ketika ta-ngan diletakkan di atas kompor panas, neuron motor pada saraf tulang belakang mengirimkan pesan kepa-da otot untuk memindahkan tangan. Pada saat yang sama, pesan lain dikirimkan kepada saraf motor leher dan memerintahkan kepala untuk melihat bagian yang sakit. Ketika ini terjadi, sinyal lain menerangi otak dan menyebabkan rasa sadar akan panas dan sakit.

Otak
Otak terletak di dalam kepala. Otak orang dewasa memiliki berat sekitar 3 pon. Otak dikelilingi dan dilin-dungi oleh tulang tengkorak, meninges, dan cairan cerebrospinal. Meninges adalah selaput pelindung yang melapisi otak. Empat bidang yang disebut de-ngan ventrikel, mengelilingi otak dan diisi oleh cairan cerebrospinal. Cairan ini mengalir dari ventrikel melalui meninges dan kembali ke aliran darah.
Cerebrum terdiri atas dua belahan
Otak bukanlah satu organ tunggal, namun memiliki banyak bagian yang memiliki fungsi masing-masing. Masing-masing bagian saling berhubungan. Bagian otak yang terbesar dan paling rumit adalah cerebrum. Cerebrum meliputi 85% dari seluruh berat otak. Ada dua belahan pada cerebrum yang dihubungkan oleh beberapa plester dari serat saraf yang disebut dengan corpus callosum. Masing-masing belahan otak terdiri atas lapisan luar bahan berwarna abu-abu, yang disebut cerebral cortex. Di bawah cerebral cortex terdapat inti berwarna putih dengan saraf-saraf yang menghubungkan cortex dengan batang otak, dan menghubungkan wilayah-wilayah cortex satu sama lain.

Cerebral cortex
Cerebral cortex memulai dan menghentikan seluruh gerakan sadar tubuh. Belajar, menilai, kreatifitas dan beberapa jenis emosi adalah tanggung jawab cerebral cortex. ‘garis-garis motor” pada setiap belahan otak mengatur gerakan-gerakan sadar sisi-sisi tubuh yang berlawanan. Rasa seperti rasa sakit, panas dan dingin diterima oleh sisi otak yang berlawanan. Wilayah-wilayah cerebral cortex lainnya  menerima respons seperti penglihatan, pendengaran, pengecap dan penciuman.
Belahan otak bagian kiri bertanggung jawab menghasilkan dan memahami percakapan, bacaan, tulisan dan penalaran. Belahan bagian kanan terlibat dalam kreatifitas, kemampuan seni, dan emosi.
Otak juga dibagi atas wilayah-wilayah menurut tempatnya. Ada wilayah depan, terletak di bagian atas depan dan langsung di belakang dahi. Di tempat ini berlangsung proses berpikir yang rumit. Nyonya White sering menyebut ini sebagai intelek, penalaran, atau kuasa-kuasa yang lebih tinggi. Wilayah parietal terletak di bagian belakang otak. Di tempat ini terjadi tanggapan terhadap peraba dan pengecap. Wilayah temporal terletak dekat dasar otak dan dari sini dikirimkan tanggapan terhadap pendengaran, penci-uman, dan penglihatan. Dua wilayah yang terakhir dalam tulisan Nyonya White disebut dengan kuasa yang lebih rendah atau nafsu-nafsu binatang (animal passions).
Karena otak melalui sistem saraf mengatur tindakan-tindakan vital seluruh tubuh, dapat dime-ngerti bahwa untuk dapat memiliki kesehatan, kita harus memiliki otak yang berfungsi secara benar. Apakah cara-cara untuk menolong agar sistem saraf bekerja dengan benar?

Hal-hal yang menolong sistem saraf
Cairan cerebrospinal yang mengalir dalam otak ber-asal dari aliran darah. Cairan ini membawa oksigen dan zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh sel-sel otak untuk membuat energi untuk melakukan tugas dan kemudian mengeluarkan sampah dari dalam sel-sel tersebut.

1)       persediaan udara segar yang terus menerus.
Otak memerlukan oksigen segar terus menerus untuk tetap hidup. Sel-sel otak mati dalam lima menit tanpa oksigen. Ketika peredaran darah ke wilayah otak diputuskan, wilayah itu mati. Inilah yang terjadi pada penderita stroke.
2)       persediaan glukosa terus menerus.
Glukosa dibentuk oleh sistem pencernaan dari makanan yang dimakan oleh tubuh kita. Kita perlu menjaga makanan yang seimbang dalam segala zat makanan untuk memenuhi kebutuhan otak.
3)       gerak badan setiap hari melancarkan peredaran darah.
Gerak badan melancarkan aliran darah ke dalam otak sehingga meningkatkan kadar oksigen dan mengurangi bahan sampah sehingga neuron-neuron berfungsi pada kemampuan puncaknya.
4)       Banyak air.
Neuron-neuron mengirimkan sinyal-sinyal dengan gerakan-gerakan listrik. Gerakan-gerakan ini da-pat berjalan lebih cepat ketika cairan antara neuron tetap bersih dan murni dengan kandungan air yang cukup.
Salah satu dari faktor terpenting yang dapat kita atur yang mempengaruhi sistem saraf kita adalah makanan; yang meliputi apa saya yang kita makan dan minum. Ketika lambung tidak dirawat dengan benar, akan ada reaksi langsung pada otak. Perhatikan berikut ini:
1)       Ketika lambung terlalu penuh, yang terjadi pada otak adalah: saraf-saraf sensitif menjadi mati rasa, kebugaran melemah, kemampuan bertimbang menjadi terganggu, penalaran menjadi malas.
2)       Ketika lambung diberi makanan daging: otak men-jadi tidak terang (clouded), kemampuan intelek tidak aktif, kepekaan moral menjadi tumpul.
3)       Ketika lambung diberi kafein, otak menjadi ma

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s